Kelompok
27
PERENCANAAN KOTA MELALUI SENTIMEN ANALISIS
TWITTER DATA
Menganalisis acara olahraga Olimpiade London mengingat
acara hari vs hari perbandingan (sebelum atau sesudah acara) dan kelompok
pengguna yang berbeda (penduduk vs pengunjung), serta mengintegrasikan analisis
sentimen dan ekstraksi topik.
Studi Kasus
· Bagaimana kita dapat mengindentifikasi karakteristik dari
tweeting perilaku dalam hal pola spatiotemporal dan sentimen antara penduduk
dan pengunjung
· Apakah ada perubahan terdeteksi dalam tata ruang dan
temporal, dan sentimen dari tweets selama Olimpiade london dibandingkan dengan
hari-hari sebelum dan setelah
· Topik yang terkait dengan perencanaan kota dalam konteks
acara olahraga besar dapat diidentifikasi melalui analisis semantuk posting
media sosial
Lokasi Penelitian
Daerah penelitian untuk analisis ini adalah Greater
London, yang memiliki ekspansi 3458 km 2. Data Twitter diperoleh dengan
menggunakan Aplikasi Twitter Streaming Pemrograman Interface (Twitter INC,
2017) untuk tahun 2012, dan terdiri dari konten Tweet dan atribut seperti nama
pengguna,lokasi pengguna, dan waktu pesan.
METODELOGI
Binning Temporal
Menciptakan sampah sementara dari data mentah yang
mewakili periode waktu sebelum. Selama dan setelah Olimpiade (OG).
Pre - Processing
Melaporkan data geolocation dari tweet dan frekuensi
kehadiran mereka di subset sementara yang digunakan untuk mengidentifikasi
penduduk dan pengunjung.
Analisis Sementik
Ekstraksi topik otomatis dengan menggunakan metode
pembelajaran mesin tanpa pengawasan laten Dirichlet Alokasi (LDA).
Analisis Sentimen
Skor sentimen dihitung untuk setiap tweet yang secara
otomatis menentukan untuk apa gelar mengandung sentimen positif atau negatif,
dengan menghitung selisih antara jumlah kata-kata positif dan jumlah kata-kata
negatif.
Mesin Learning Topik Pemodelan
Pendekatan cluster aliran data dan menyaring tweets yang
relevan untuk analisis.
Spatiotemporal Pengolahan Data
Menganalisis intensitas Tweet perjam untuk himpunan
bagian dari tweet positif dan negatif dan topik simentik utama (LDA output),
serta pola kesamaan untuk distribusi titik spasial.
Langkah terakhir, menyelidiki hotspot spasial menggunakan
kernel Density Estimation (KDE).
KESIMPULAN
Melalui analisis spatiotemporal dan sentimen dari tweets,
kita bisa mengidentifikasi pola-pola yang signifikan dalam hal dua kelompok
pengguna kami didefinisikan serta untuk hari-hari sebelum, selama dan setelah
acara.
Mengenai pemanfaatan untuk tujuan perencanaan, kita dapat
menyatakan bahwa dapat memberikan informasi berharga tentang
perilaku spatiotemporal dan sentimen warga atau pengunjung tentang peristiwa
yang direncanakan besar.
Studi kasus ini juga menggambarkan potensi pemanfaatan
data media sosial untuk analisis sentimen dan pemodelan topik untuk memberikan
umpan balik umum mengenai peristiwa yang
direncanakan secara besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar